Selasa, Februari 09, 2010

Data Perbandingan Profit dan Pendapatan tahun 2009: Google, Ebay, Amazon, dan Yahoo!

Data Perbandingan Profit dan Pendapatan tahun 2009: Google, Ebay, Amazon, dan Yahoo!

profit pendapatanAda usulan dari salah satu penggemar blog Joko Susilo di Facebook yaitu untuk mengupas  profit dan pendapatan dari para raksasa bisnis internet. Usulan ini datang dari Movthie Dias pemilik blog ymelancolis.
Merespon usulan itu, saya akan kupas beberapa raksasa bisnis internet. Setelah menyimak posting ini, saya yakin sebagian besar dari anda akan tercengang dengan keuntungan yang mereka dapatkan. Inilah sedikit bukti betapa luar biasanya bisnis di internet.
Silakan simak langsung posting spesial di bawah ini.
Berikut ini laporan empat raksasa bisnis internet yang mendominasi dunia.  Data-data tersebut saya dapatkan dari sumber-sumber resmi situs web masing-masing.
  1. Google. Profit Google tahun 2009 sekitar $6,5 milyar dari pendapatan sekitar $23 milyar. Sementara pada 2008, pendapatan Google mencapai $21,8 milyar, dengan profit $4,23 milyar. Google yang memiliki karyawan lebih dari 20 ribu orang tersebar di seluruh dunia, pertumbuhannya agak tertahan. Penyebabnya karena krisis ekonomi dunia.
  2. Ebay. Tahun 2009 lalu, Ebay mencatatkan keuntungan sebesar $2,3 milyar dari pendapatan $8,7 milyar. Sedangkan pada tahun 2008 mencatatkan keuntungan sebesar $1,78 milyar dari total pendapatan $8,54 milyar. Atau terjadi peningkatan 34%.  Peningkatan Ebay yang memiliki sekitar 16 ribu karyawan ini ikut dipengaruhi pertumbuhan Paypal dan Stubhub. Tahun 2010 mendatang, Ebay memperkirakan pendapatan total $8,8 milyar sampai $9,1 milyar.
  3. Amazon. Amazon tahun 2009 mencatatkan pendapatan $24,5 milyar dengan pendapatan bersih sebesar $902 juta. Profit bersih Amazon ini meningkat hampir 40% sebab pada 2008 Amazon hanya mencatatkan keuntungan $645 juta dari pendapatan $19,17 milyar. Amazon sendiri memiliki karyawan sekitar 20 ribu orang.
  4. Yahoo! Tahun 2009 pendapatan yahoo! sebesar $6,4 milyar, sedikit turun dari pendapatan 2008 yang sebesar 7,21 milyar USD.  Namun profit 2009 meningkat menjadi $598 juta dari yang sebelumnya hanya $419 juta USD. Yahoo! didukung dengan sekitar 14 ribu karyawan.
Melihat dari data di atas, betapa pertumbuhan yang mereka dialami website-website tersebut begitu luar biasa. Keuntungan atau profit yang didapatkannya dari internet begitu besar. Ini sungguh bisnis yang menarik bukan?
Memang yang saya sebutkan di atas saat ini sudah menjadi perusahaan besar. Tapi jangan kira kalau Google yang sedemikian besar itu hanya merupakan proyek rintisan dari orang bernama Larry Page dan Sergey Brin di awal 1996-an. Formula Bisnis yang saya kelola ini di awal tahun 2001-an mulanya hanya dikerjakan seorang diri dan hanya dari warnet.
Jadi, tidak ada yang tidak mungkin selama anda mau mencoba. Dengan beraksi, anda bisa melakukan perubahan untuk masa depan hidup anda.

Sekilas info

Sedikit cerita, hari Jumat sampai Minggu kemarin, saya bersama tim berlibur bareng di Pantai Bandengan Jepara. Selama tiga hari kami menginap di Palm Beach Resort, main ke pantai, renang di kolam, mendayung kano, naik perahu, menjelajah ke Pulau Panjang, makan sea food, dan banyak lagi. Pokoknya tujuannya buat refreshing dan senang-senang! Foto-fotonya bisa anda lihat di facebook saya.
Kenapa kami perlu refreshing? Sebab selama selama beberapa bulan terakhir ini kami begitu serius mempersiapkan kehadiran sebuah program baru untuk anda semua. Bila tidak ada halangan program kejutan kami akan diluncurkan bulan ini. Semoga bisa menjadi solusi bagi anda semua yang kebingungan bagaimana melakukan ACTION bisnis internet.
Tunggu saja tanggal peluncurannya, pasti nanti saya kabari…
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini