Selasa, Februari 23, 2010

Mengendalikan Laptop Dengan Suara

Mengendalikan Laptop Dengan Suara

Berbicara dan berinteraksi dengan komputer, memerintah komputer melakukan sesuatu dengan suara kita, itu sering kita lihat di film-film, tapi sekarang dalam dunia nyatapun ternyata sudah bisa kita lakukan dengan mudah, tentunya dengan bantuan software yang canggih.  Sekarang saya bisa memunculkan menu start, membuka program, menutup program, bahkan menulis  hanya dengan bantuan suara, dan laptop akan menjalankan sesuai perintah yang saya berikan dan tentunya perintah terebut harus pas dengan instruksi-instruksi yang ada dikomputer. hmm..... (kayak di film ya...?).

Sebenarnya teknik mengendalikan laptop dengan bantuan suara sudah tidak asing lagi bagi mereka yang biasa mengikuti perkembangan teknologi, informasi IT terkini, atau mereka yang biasa menjelajahi dan ngoprek windows, namun bagi yang pertama kali menggunakanya seperti saya tentu sangat kaget dan ini sungguh luar biasa...!  fasilitas yang saya maksud adalah Windows Speech Recognition.

Windows Speech Recognition dalam Windows Vista membantu pengguna untuk berinteraksi dengan komputer mereka melalui suara. fasilitas ini dirancang bagi orang-orang yang ingin membatasi penggunaan mouse dan keyboard dengan tetap menjaga atau meningkatkan produktivitas mereka secara keseluruhan. Anda dapat mendikte dokumen dan email di aplikasi utama, menggunakan perintah suara untuk memulai dan beralih di antara aplikasi, mengontrol sistem operasi, dan bahkan mengisi formulir di Web.


Windows Speech Recognition adalah fitur baru di Windows Vista, yang dibangun dengan menggunakan Microsoft terbaru teknologi suara. Windows Vista Speech Recognition  tersedia dalam bahasa Inggris (US), Inggris (Inggris), Jerman (Jerman), Perancis (Perancis), Spanyol (Spanyol), Jepang, Cina (Tradisional), dan Cina (Sederhana), sayang Indonesia belum ada, kita tunggu saja waktu yang akan datang.

Untuk cara setup nya anda bisa melakukannya dengan sangat mudah tinggal klik menu start - control panel - Speech Recognition Option - Start Speech Recognition 
Lakukan setting microphone terlebih dahulu, bisa mengunakan headset atau bisa juga langsung tanpa headset.

Untuk melihat demonya klik disini.
Semoga bermanfaat.
Amin Mungamar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini