Rabu, Maret 18, 2009

IPS BAB 9 SD-5A by A. Karunia Samesta Putri

PEJUANG BANGSA INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

Pertempuran 10 November diSurabaya,Lima Hari diSemarang,Ambrawa, Bandung LautanApi,Peristiwa Medan Area

1.Peristiwa 10 November 1945 diSurabaya.
Perjuangan bangssa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya cukup lama, berlansung dari1945 – 1949.
Strategi yang digunakan dalam kemerdekaan dan dua cara: bersenjata dan plomasi.
Perang dunia II berlangsung dari tahun 1939-1945.. Kemerdekaan Indonesia disebabkan dari kekalahan Jepang kepada Sekutu.
Inggris merupakan salah satu negara anggota sekutu. Tugas pasukan inggris adalah membebaskan orang-orang sekutu yang ditawan oleh jepang.
Kedatangan Inggris ke Indonesia diboncengi NICA.NICA adalah aparat pemerintah Belanda yang akan menjalankan pemerintahan diIndonesia.Kedatangan Inggris tidak sesuai dengan tujuan yang diembannya. Mereka membawa NICA dan mereka membantunya untuk menjajah Indonesia kembali.
Tanggal 20 Oktober 1945 inggris mendarat diSurabaya dipimpin Brigadin Jendral A.W.S. Mallaby.
Tanggal 27 Oktober 1945 sekutu menyerbu penjara republik Indonesia agar membebaskan perwira-perwira sekutu yang ditawan pihak Jepang.
Pada tanggal 28 oktober 1945 pos sekutu diseluruh kota Surabaya diserang oleh Rakyat Indonesia.Brigadir Jendral Mallaby tewas dalam suatu pertempuran 29 oktober digedung Internatio didekat Jembatan Merah.
Pada 9 November 1945 pimpinan tentara sekutu mengeluarkan ultinatumnya diSurabaya isinya semua pimpinan dan orang2 Indonesia harus mealpor &meletakkan semua senjata serta menyerahkan diri,batas waktunya adalah pukul 06.00 WIB.
Karena tidak ada yang mau menyerahkan diri Inggris pun mengeluarkan ultinatumnya lagi. Pada 10 November 1945 pecahlah pertempuran diSurabaya, Inggris menggempur Surabaya dari darat,laut,&udara.
Bung Tomo adalah seorang pemimpin perjuangan rakyat Surabaya .Bung Tomo memebakar semangat para pejuang melalui pidato-pidato yg disiarkan oleh radio pemberontakan.
Inggris mempunyai pasukan yang tangguh sehingga ribuan pejuang banyak yang gugur.
Untuk memperingati Kepahlawanan rakyat Surabaya,Pemerintah menetapkan 10 november menjadi hari hari kepahlawanan.

2.Pertempuran 5 Hari diSemarang
Pertempuran lima hari disemarang pecah dini hari 15 oktober 1945. Karena adanya jepang berhadapan dengan TKR & para pemuda. 1000 rakyat Indonesia & 100 orang Jepang tewas dalam pertempuran tersebut.Dr. Karyadi menjadi salah satu korban dlm pertempuran tersebut.Maka dari itu Slh satu rumah sakit di semarang diberi nama”Rumah Sakit Dr,Karyadi”.
Untuk mengenang Pertempuran 5 hari dibangun sebuah tugu dan diberi nama ”Tugu Muda”.
3. Pertempuran Ambrawa
20 oktober 1945 Inggris mendarat tujuannya untuk membebaskan tawanan sekutu. DiMagelang terjad pertempuran antara Sekutu NICA yg membonceng bebaskan secara sepihak tawanan belanda diMagelang. Inggris mundur keAmbrawa.pasukan idonesia berada disepanjang rel kerta api bagian utara, inggris berada diSelatan .
Dalam pertemuan tersebut Letnan Kolonel Isdaman gugur. Karena Kolonel Isdaman gugur Kolonel Soedirman turun ke Medan Ambrawa.
15 desember Indonesia berhasil memukul mundur tentara Inggris. Dengan begitu setiap tanggal 15 desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika. Pada 18 Desember Kolonel Soedirman diangkat menjadi Pemimpin TKR Tertinggi & dinaikan menjadi Jendral.

4.Bandung Lautan Api
Oktober 1945Inggris tiba diBandung. Para pemuda dan pejuang kota bandung melaksanakan pemindahan kekuasan dan merebut hasil pentecutan tentara jepang.
21 november 1945 sekutu mugiltimatum kota Bandung dikosongkan. Namun,tidak diindahkan olh pejuang Republik.23 November 1945 2Xnya mengeluarkan ultinatumnya lagi agar republik mengosongkan seluruh kota Bandung.Tetapi sebaliknya,TRI memerintahkan agar Rakyat Bandung tetap bertahan diBandung.Dengan berat hati para pejuang meninggalkan kota bandung tetapi sebelum meninggalkan kota Bandung para pejuang melancarkan
para pejuang melancarkan serangan bandung.Dari peristiwa Inilah yg disebut bandung Lautan Api.

5.Pertempuran Medan Area
Tahun 1945 Sekutu yang diboncengi NICA dibawah pemerintahan Brigadir Jendral T.E.D Kelly mendarat,par pemuda segera menghadapi & membentukTKR diMedan
Pada tanggal 19 oktober 1945 pemuda dan sekutu berperang. Pertempuran dikenal dengan nama Pertempuran Medan Area.
Inggris meninggalkan Medan bulan November 1945.Pertempuran melawan belanda berlangsung sampai Juli 1947
1.Agresi Milliter Belanda 1

Perjuangan kemerdekaan selain dengan bersenjata juga melalui plomasi
10 febuari 1945 dimulai perundingan antara Indonesia dan Belanda.Dr,HJ Van Mook menyampaikan pernyataan politik pemerintah Belanda,Isi pidato Ratu Belanda 7desember 1942




a. Indonesia akan dijadikan negara persemakmuran negara federasi yang memiliki pemerintahan sendiri didalam lingkungan Kerajaan Belanda
b. Masalah dalam negri diurus oleh Pemerintah Indonesia, sedangkan urusan luar negri diurus oleh pemerintah Kerajaan Belanda
c. Sebelum dibentuk persemakmuran akan dibentuk pemerintah peralihan selama 10tahn
Atas pernyataan tersebut pemerintah Indonesia menolak karena tidak sesuai dengankeinginan Pemerintah Indonesia.Akibatnya,sengketa antara Belanda dan Indonesia utk menyelesaikan sengketa diadakan perundingan.
Perundingan dilaksanakan diLinggar Jati dekat Cirebon.Indonesia diketuai oleh Sutan Syahrir,sedangkan Belanda diketuai oleh Prof. Schemerhom dan diketuai oleh Lord Killearn.
Hasilnya ditandatangani oleh kedua pihak tersebut pada 15 November 1946. Dan disahkan pada 25 Maret 1947.Berikut hasil perundingannya
1. Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia meliputi Sumatra,Jawa,dan Madura
2. Republik Indonesia dan Belanda akan bekerjasama dlm membentuk negara Indonesia Serikat,yang slh satu negara baginnya adalah Republik Indonesia
3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda dgn Ratu Belanda selaku ketuanya
21 Juli 1947 Belanda melancarkan serangan besar2an kewilayah Republik indonesia.Serangan itu disebut Agresi Militer BelandaI.
Dewan Kamanan PBB,1 agustus 1947 memerintahkan Kedua belah pihak untuk menghentikan tembak2menembak. Demikian berakhirlah Agresi Militer Belanda
Keamanan PBB membentuk Komisi jasa baik yang disebut Komisi Tiga Negara {KTN)terdiri dari Amerika Serikat,Australia,dan Belgia, Australia diwakili olh Richard Kirby,Amerika Srikat diwakili dr.Frank Graha,dan Belgia diwakili olh Paul Van Zeeland.27 oktober 1947 anggota KTN tiba diJakarta.
Perundingan Indonesia dan Belanda dilakukan diatas Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat ”USS Renville”.Perundingan dimulai tanggal8 Desember 1947Perundingan Indonesia diwakili Mr, Amir Syarifuddin, dari pihak Belanda diwakili oleh R.Abdulkadir Widjojoatmojo .Hasil perundingan Renville 17 Januari 1948. Tetapi hasilnya sgt merugikan Indonesia, Karena wilayah Indonesia semakin sempit.
Yang terjadi setelah Perundingan Renville adalah pertikaian dikalangan Republik terjadi pemberontakan PKI diMadiun.Kejadian2 memberi kesempatan bagi Belanda untuk terus menekan Republik Indonesia.
Pada 19 Desember 1948 Dr, Beel memberitahu pihak Indonesia dan KTN bahwa Belanda tak lg mengakui & tak lagi terikat dgn hasil perundingan Renville.

19 desember 1948 belanda kembali melancarkan Agresi Milliter II. Presiden Soekarno dipindahkan ke Bangka. Disidang Kabinet yg sempat diadakan hari itu diambil keputusan utk memberi mandat melalui radiogram kepada Menteri Kemakmuran Mr. Syafrudin Prawiranegara yg ada diBukit Tinggi(SumBar) agar membetuk PDRI(Pemerintah Darurat Republik Indonesia).Apabila Mr, Syafruddin PrawiraNegara tdk berhasil membentuk PDRI, maka kepada Mr,A.A. Maramis (Menteri Keuangan),LN.Palar,dan Dr.Sudarsono yang berada di India.
Puncak Serangan : Serangan umum terhadap Kota Yogya pada tgl –1,Maret,1949.Perundingan antara Indonesia dan Belanda diawasi olh PBB.Dalam Perundingan diketuai oleh Mr.Moh Roem,sedangkan Belanda diketuai Dr. Van Royen.17 Mei 1949 tersebut dikenal dengan nama Perundingan Roem-Royen.
A.Dari Delegasi Indonesia
1)Besedia untuk menghentikan peran gerilya
2)Bekerjasama dlm mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan dan keamanan dan mengembalikan perdamaian
3)Turut serta dalam KMBdi Den Haag dengan maksud mempercepat penyerahan kedaulatan kepada Indonesia Serikat
b. Dari Delegasi Belanda
1) Menyetujui kembalinya Pemerintah Republik Indonesia ke Jogja
2) Menjamin penghentian gerak2 militer dan membebaskan semua tahanan politik.
3) Tidak akan mendirikan/mengakui Negara2 yang ada didaerah yang di kuasaiRI sebelum tgl19 december 1948&tdk akn meluaskan negara/daerah yang akan merugikan RI.
4) Menyetujui adanya RI sebagai sebagian dari IS
5) Berusaha dgn sungguh2 supaya KMB segera diadakan sesudah pemerintahan RI kembali ke Yogyakarta
Peranan Beberapa tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan
a.Ir. Soekarno
Lahir diBlitar,Jawa Timur 6 Juni 1901.Menjadi Presiden dari thn 1945-1966.Pada 17 Agustus 1945 Beliau memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia maka disebut Proklamator.
b.Drs.Moh.Hatta

lahir diBukit tinggi,Sumatra Barat 12 Agustus 1902 menjabat Wakil Presiden 1(1945-1956).Juga dikenal sebagaiBapak Koperasi.

C.Sultan Hamengkubowono IX
Lahir 12 April 1912.Beliau seorang raja dikeraton Yogyakarta.Beliau juga pernah menjabat Wakil Presiden 2dari tahun 1973-1978.

d.Bung Tomo
Seorang tokoh penting pada Peristiwa 10 November 1945 diSurabaya.Beliau membangkitkan semangat juang rakyat melalui siaran radio,rakyat menjadi bersemangat utk mempertahankan kemerdekaan.

e.Sutan Syahrir
lahir diPadang Panjang,5,maret 1909.Memulai karir politik tahun1931.Berperan dalam perjuangan plomasi dlm perundingan diLinggarJati. Diangkat menjadi perdana menteri termuda didunia 1 November 1945 pernah 3X memimpin kabinet Perlameterpada masa Soekarno,

f.Jendral Soedirman
Sebenarnya seorang guru.setelah indonesia Merdeka dibentuk BKR,kemudian digantiTKR 5 oktober diperingati sebagai Hari tentara nasional

by A. Karunia Samesta Putri
Kelas 5 A
SD Wijaya Kusuma
Pondok Pucung Indah - Tangerang

http://perpusol-samsam.blogspot.com
http://www.liany-jewelry.com

Tidak ada komentar:

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini