Selasa, Maret 24, 2009

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI by Karsam Sunaryo

TEORI – TEORI EKONOMI

1. TEORI KLASIK ADAM SMITH

Termausk teori ekonomi pembangunan. Pembangunan ekonomi sebagai prose pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dengan memanfaatkan meknisme pasar. Syarat pertumbuhan ekonomi : investasi dan spesialisasi yang dikontrol melalui mekanisme pasar. Campur tangan pemerintah : minimal ( the minimal government is the best government ), dengan mengupayakan agar mekanisme pasar berjalan baik. Ada 3 unsur utama proses pertumbuhan hasil produksi :

1. SDM : pertambahan jumlah penduduk

2. Pertambahan persediaan barang modal ( akumulasi modal ) karena tabungan masyarakat diinvestasikan oleh pemilik modal dengan harapan memperoleh keuntungan

3. Spesialisasi dan pembagian kerja disertai perluasan pasar dan perkembangan perdagangan baik perdagangan dalam negeri maunpun internasional.

Jumlah penduduk >  pasar >  tingakt spesialisasi dan pembagian kerja >  teknologi inovasi > - produktivitas >  ekonomi >  Pendapatan nasional > ( catatan : > : meningkat )

2. TEORI NEO KLASIK DAVID RICARDO

Comparative Advantage

Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya. Sebagai contoh, Indonesia dan Malaysia sama­sama memproduksi kopi dan timah. Indonesia mampu memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. Sebaliknya, Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. Dengan demikian, Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar kopi dan timah.

Dalam teori keunggulan komparatif, suatu bangsa dapat meningkatkan standar kehidupan dan pendapatannya jika negara tersebut melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi.

3. TEORI HARROD DOMAR ( CAPITAL OUTPUT TEORI )

Melihat pentingnya investasi dalam tdh pertumbuhan ekononomi, karena investasi meningkatkan barang modal. Yang memungkinkan peningkatan output.

5 TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI

1. THE LINEAR STAGES THEORY :

a. TAHAP – TAHAP PERTUMBUHAN – KARL MAX

Perbudakan

Feodalisme

Kapitalisme

Sosialisme

komunisme

Proses Kemajuan ekonomi sebagai proses evolusi sosial. Faktor pendinamis perkembangan ekonomi adalah teknologi. Awalnya tekonologi dikuasai oleh kaum borjuis – kapitalis ( KAPITALISME )  penambahan stok barang modal untuk maksimalisasi keuntungan dengan PERBUDAKAN ( ekspolitasi buruh )  ada FEODALISME  jangka panjang : pasar melemah karena pertambahan stok barang modal tidak diiringi hasil yang memadai.

 Lama – lama buruh berontak  barang modal jadi milik bersama  ZAMAN SOSIALISME - dilanjutkan dengan zaman KOMUNISME dengan ciri tidak ada pemerintahan. Manusia bekerja bukan sekedar cari makan tapi untuk ekspresi diri.

Teori evolusioner ini diubah oleh kaum komunis Rusia jadi teori Revolusioner :

1. Merebut kekuasaan dengan kekerasan dari tangan Tsar Rusia

2. membentuk monopoli politik dg mendirikan partai mayorita stangguh

3. Monopoli kekuatan militer

4. mempercepat kemajuan ekonomi dnegan menggunakan mekanisme non pasar ( perencanaan terpusat ).

b. TAHAP – TAHAP PERTUMBUHAN EKONOMI DARI ROSTOW

Melihat pembangunan ekonomi sebagai proses perubahan yang bersifat garis lurus dan bertahap.  lihat fotocopy



Karsam Sunaryo
Dosen STKIP Kusuma Negara




Tidak ada komentar:

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini